Tuesday, September 18, 2007

Google: Kejarlah Bulan, Kau Kubayar


Screenshot Google Moon


New York, - Mesin cari internet Google menawarkan hadiah US$ 30 juta (sekitar Rp 283 miliar) bagi perusahaan, kelompok atau individu. Syaratnya, mereka harus mampu mendaratkan robot berkamera untuk menjelajah bulan dan mengirim data resolusi tinggi dari sana ke bumi.

Bersamaan dengan pengumuman lomba itu, Google mengumumkan Google Moon. Ini adalah salah satu halaman situs Google dengan gambar-gambar permukaan bulan. Gambar-gambar ini dikompilasi dari berbagai foto yang diambil dari misi ke bulan sebelumnya, termasuk pendaratan bersejarah Apollo 11 dengan astronot Neil Amstrong dan rekan-rekannya pada tahun 1969.

Rinciannya, Google menawarkan US$ 20 juta sebagai hadiah utama untuk peralatan robot yang bisa bergerak otomatis di bulan dan mentransfer data ke bumi. Hadiah kedua diberikan untuk peralatan tak bergerak yang bisa mengirim data.

Sementara, lima juta dollar lagi ditawarkan sebagai bonus untuk robot yang bisa menemukan air atau es, yang bisa menjelajah lebih dari lima kilometer atau yang bisa mengambil gambar pesawat angkasa yang teronggok di bulan dari misi sebelumnya.

Hadiah ini ditawarkan sampai 31 Desember 2012. Setelah itu, hadiah yang ditawarkan akan menurun menjadi US$ 12 juta saja.

"Telah berselang beberapa dekade ketika terakhir kali kita mengeksplorasi bulan. Masih memerlukan waktu enam sampai delapan tahun bagi pemerintah kita untuk melakukannya lagi. Maka, kami berharap dapat menciptakan era di mana perusahaan kecil, kelompok atau individu bisa mengeksplorasi bulan," demikian pernyataan Google seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (14/9/1007). ( fyk / wsh )
Fino Yurio Kristo - detikinet

No comments: